• Wed. Feb 21st, 2024

www.jakarta-tv. com

Yudianto Tri : KUKMI akan Membekali UKM dengan Teknologi dan Edukasi

Byadmin

Dec 10, 2023

Jakarta, Ketua Umum Kerukunan Usahawan Kecil dan Menengah  (KUKMI) Yudianto Tri menegaskan, anggota UKM KUKMI akan dibekali dengan sistem teknologi dan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan UKM.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan pada pelantikan pengurus KUKMI periode 2023-2028 dan peringatan HUT KUKMI ke 44 tahun yang dilaksanakan di Aston Convention,Jakarta, Sabtu ( 9/12/2023).

Dalam UKM terutama kalau kita bicara tempo hari adalah kalau UKM ini berhadapan dengan sosial e-commerce dibilangnya pasar sudah ditutup. Ujar Yudianto Tri yang terpilih menjadi Ketum KUKMI ini.

Tapi apakah benar itu yang mejadi permasalahannya belum tentu juga, kalau pemerintah melakukan penutupan mungkin ada benarnya mungkin ada  tidak benarnya juga, ujarnya kepada awak media di sela-sela acara.

Lanjutnya, bahwa penutupan e-commerce itu mungkin karena servernya tidak di Indonesia dan ada banyak hal-hal yang tidak komplit sehingga data-data di Indonesia bisa jebol seperti diluar negeri, itu benarnya.

Tapi tidak benarnya adalah kita disini stakeholders baik pemerintah maupun pembuat kebijakan tidak mempersiapkan UKM untuk benar-benar siap menghadapi teknologi yang seperti itu, karena ternyata yang dijual adalah produk-produk import bukan produk UKM sehingga mematikan usaha UKM. Ujar Yudianto Tri yang juga menjabat ketua induk koperasi pasar seluruh Indonesia ( INKOPPAS) ini.

Nantinya kata ketum KUKMI ini, kita akan bersinergi dan berkolaborasi dengan semua stakeholder agar bertindak dengan benar tanpa gagap mengambil keputusan.

Hari ini kita launching dokter keuangan dimana pada prinsipnya dokter keuangan adalah memberikan assessment untuk melihat kesehatan sebuah UKM.

Apabila UKM itu sehat tapi tidak Bankable, tidak memiliki rekening pembukuan dan lainnya, oleh sebab itu kita melakukan assesment kita akan memberikan edukasi kepada mereka dan bahkan akan kita siapkan investor untuk penyertaan modal, sehingga membuat mereka menjadi UKM yang mumpuni.

Acara pelantikan dan HUT KUKMI ditutup denganĀ  pemotongan tumpeng oleh Ketum KUKMI Yudianto Tri yang diberikan kepada Dewan Pembina dan Ketua DPD KUKMI yang hadir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *